Saturday, December 24, 2011

Teknologi >< Sosial?


                Dunia semakin maju, teknologi semakin canggih beriringan dengan nafas yang kita hirup.  Ya, karena Saya juga tidak terlalu mahir dalam soal teknologi, maka Saya takkan membahas soal kemajuan teknologi. Saya mungkin akan melihat dari sisi, yang mungkin hanya sedikit dari kita yang menyadari.

                Ya, kemajuan teknologi seluler terutama yang membuat kita semakin cenderung  untuk menjadi individualis. Memang dengan semakin banyaknya layanan social networking banyak memberikan bantuan dalam kemudahan kita untuk berkomunikasi, memberi kabar dan lain sebagainya. Tapi, di lain pihak, sudah banyak nilai – nilai sosial yang juga ikut menjadi korban. Misal saja, dalam hal memberikan ucapan. Jika dahulu komunikasi lewat telepon masih menjadi yang utama, kita masih bisa menemukan banyak orang yang saling bertemu hanya untuk mengatakan hal – hal yang sedikit dalam penggunaan katanya. Misalnya, “Selamat Tahun baru!” , “ Selamat idul fitri.”, “Selamat Natal” , dan lain sebagainya. Sekarang, kebanyakan hanya lewat SMS/BBM. Beruntunglah kalau diucapkan lewat telepon.
Ngobrol. Biar ngolor ngidul, tetap seru!

                Yang paling sering Saya temui adalah ucapan lewat Brodcast Message BBM. Saya secara pribadi tidak terlalu mempermasalahkan pesan yang dikirim tersebut,  tetapi hal itu seringkali dilakukan oleh orang yang pada kenyataannya bisa langsung bertatap muka langsung, malah memilih untuk menyampaikan selamat lewat cara yang “murah – meriah” itu. Memang, untuk beberapa hal bisa dimaklumi jika keadaan fisik tidak memungkinkan karena keterbatasan ruang, waktu, dan jarak, sehingga ucapan selamat itu bisa disampaikan lewat pesan singkat atau BM.

The main 'tool' of social life nowdays.

                Namun, dapat kita lihat bahwa nilai – nilai keindahan dalam interaksi sosial menjadi jauh merosot. Saya sendiri merasakan bahwa sudah amat sangat jarang Saya berjabat tangan.  Hal – hal yang baik seperti obrolan, canda – tawa dalam tatap muka secara fisik sudah sangat jarang terjadi, setidaknya dalam kehidupan yang terjadi di lingkungan Saya. Orang yang bisa secara langsung berinteraksi, malah memilih untuk menyampaikan lewat media – media yang sudah Saya sebutkan di atas.

                Jadi semua kembali kepada kita, apakah kemajuan teknologi harus mengorbankan nilai – nilai sosial ? Jujur, Saya berharap semoga tidak terjadi.

Silahkan cek video dibawah, cukup singkat tapi cukup baik penyampaian pesannya.



 (Sudah terlalu banyak ber’sabda’, tolong jangan ditabok ya! :D Kopdar lagi dong... :P )

Iklan ini keren abis! :D

7 komentar:

tuteh said...

Bagi saya, kadang2 gadget justru menjauhkan :D yah mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat :p kadang kalo kopdar ya mesti gadet disimpen duluw, jangan diletakkan di meja hahahaha... biar fokus :p

Michael Edward said...

Iya kaka Tuteh, ko memang su, klo kopdar na masih gatal main gadget juga itu su talalu.. LOL

bangFiko said...

Wahhh ajib...
Kalo Onliner Kopdar tereak2 ga dapat koneksi. Seharusnya kalau onliner kopdar, mesti tanpa koneksi ya.. Biar fokus kata Kakak Tuteh :))

Selamat tahun baru brader

Michael Edward said...

@Bang Fiko:

Bang, maaf baru sempat balas,hehe. baru dapat koneksi stabil lg. Betul tapi klo Kopdarnya berhari-hari macam di Sidoarjo kemarin kayaknya cukup ribet juga klo harus matikan koneksi. hehe :D

Selamat tahun baru juga Bang Fiko :D

Ceritaeka said...

Kapan ke Jakarta>
Ayok kopdar dan berjabat tangan langsung kitah :)

Michael Edward said...

Wow, yang penting ada panggilan kak. hehe. Kemarin liat kakak di Sidoarjo, tapi kakak mirip kak Rusa, lincah.. susah ditangkap.. #dikeplak

lukisan pemandangan said...

memang bnr seh,,teknologi menjauhkan yg dekat...tpi bagaimana cara kita spy ga menjauh dari orng terdekat kita...teknologi jg sangat penting buat kita...

salam kenal n sukses selalu :)

Post a Comment